6 AYAM TERMAHAL DI DUNIA

Berikut adalah artikel yang membahas tentang 6 ayam termahal di dunia. Dari ayam telanjang hingga ayam cemani yang merupakan ayam asli Indonesia. Apa saja hewan lainnya. Simak tulisan ini sampai selesai ya.

Jangan lupa juga bagikan kepada teman-teman kamu melalui facebook, twitter atau whatsapp. Mungkin mereka akan takjub dengan fakta ini.

Daftar Ayam Paling Mahal Di Dunia

Ayam adalah hewan yang dapat dengan mudah dijumpai terutama di mana-mana. Ada yang menjadikan sebagai hewan ternak baik ayam pedaging maupun petelur, hewan peliharaan dan hewan koleksi.

Hewan berkaki 2 ini memiliki banyak species yang tersebar di seluruh tempat di dunia. Bentuk satu spesies dengan species lainnya terkadang sangat berbeda. Ada yang memiliki ukuran, bobot dan penampilan yang unik.

Bebera species bahkan mencapai harga jutaan rupiah. Ayam jenis tertentu bahkan hanya dapat dimiliki oleh para konglomerat.

Berikut adalah daftar jenis ayam paling unik dan langka di dunia

Berikut daftarnya, dari urutan 6 menuju urutan 1:

6. Ayam Telanjang- ayam unik yang tidak memiliki bulu

Sesuai namanya, ayam telanjang ialah species ayam tanpa bulu. Ayam ini merupakan hasil persilangan antara ayam broiler dan rasvedrules neck atau leher tanpa bulu. Tanpa bulu, tentunya kita tidak perlu repot mencabuti bulunya di rumah potong ayam (RPA).

Tujuan dilakukan persilangan ialah untuk menciptakan ayam yang lebih cocok dibudidayakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

ayam telanjang asli

Tanpa bulu bukannya tanpa kekurangan. Ayam pejantan akan kesulitan mengepakan sayap saat menjaga keseimbangan saat musim kawin. Ayam jenis ini juga akan rentan terhadap serangan serangga seperti nyamuk, serangan matahari, penyakit kulit dan parasit. Dengan tidak memiliki bulu, ayam juga akan rentan terhadap perubahan cuaca.

5. Ayam Araucana- ayam unik asal Chilli

Namanya adalah ayam araucana. Berasal dari Negara Chili terutama daerah Araucana. Yang menjadikan ayam ini unik adalah tumbuhnya buku di bawah lubang telinga.

Beberapa diantara speceisnya tidak memiliki ekor seperti ayam tumpul (ayam asli Pontianak). Telurnya pun unik. Mirip dengan telur bebek yang berwarna hijau kebiru-biruan.

Bobot maksimal ayam Araucana ini di kisaran 3,2 kg untuk pejantan sedangkan betina dewasa berbobot 2,7 kg.

Kalau kamu kira ini belum unik, baca list di bawah ya.

4. Ayam Serama- ayam sombong dengan dada membusung

Saat pertama melihat ayam ini, kesan sombong muncul karena postur ayam Serama. Ayam jenis ini membusungkan dadanya ke atas. Ciri-cirinya yaitu postur tubuh yang tegak, dada penuh, bulu ekor vertical tegak dan sayap vertical yang hampir menyentuh tanah

Ayam serama merupakan ayam hasil persilangan antara ayam sutra dan ayam kate. Serama termasuk golongan ayam yang memiliki berat badan kecil, di bawah 500 gr. Dimakan gak kenyang nih 😀

Sesuai dengan penampilannya, hewan ini ternyata memiliki sifat yang pemberani, selalu percaya diri, dan mudah diatur. Ayam asal Malaysia ini memiliki potur tubuh kecil yang mirip dengan ayam kate hanya saja bentuk tubuhnya lebih kecil dan tegak.

Asal-usul Nama “serama” diambil dari nama Sri Rama, raja legendaris dari cerita Ramayana. Raja Sri Rama memiliki postur tubuh yang tegak dan gagah.

Pada zaman dulu, hanya bangsawan yang memelihara ayam serama. Jadi ayam ini menjadi simbol kelas sosial dari pemiliknya.

Harganyapun membuat kaget, ayam serama dihargai Rp 700.000 hingga 30 juta rupiah perekornya

3. Ayam Onagador, masuk ayam termahal di dunia

Yang sangat menarik dari ayam Onagadori adalah ekornya yang Panjang. Panjangnya bahkan mampu mencapai 12 m. Ayam yang berasal dari jepang ini merupakan hasil persilangan ayam shokoku dan ayam hutan hijau.

Bulu dan ekornya yang Panjang merupakan warisan geentik dari ayam hutan hijau ditambah dengan kemampuannya yang tidak pernah mengganti bulu dalam waktu yang lama. Ayam memiliki bobot hingga 2,7 kg dan memiliki 4 varian warna yaitu emas, merah, perak dan putih.

Mereka bisa bertahan pada cuaca panas maupun dingin dan bersalju. Karena keunikannya yang berbeda dari umumnya, ayam jenis ini dihargai dari jutaan hingga belasan juta rupiah. Makin panjang ekornya harganya pasti makin mahal.

Kandang pemeliharaannya pun tidak bisa sembarangan. Dibuat tinggi agar ekor tidak berada di tanah.

2. Ayam Cemani – salah satu ayam termahal di dunia

Jenis ayam yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kaliankan? Ayam yang juga dikenal dengan nama ayam cedu atau ayam selasih ini merupakan ras ayam lokal dari pulau Jawa. Telah dikembangkan sejak abad ke-12. Mereka memiliki ciri khas warna bulu hitam legam. Hal ini dikarenakan ayam cemani memiliki gen dominan yakni hiperpigmentasi yang membuat bulu bahkan paruh dan organ dalamnya berwarna hitam.

Bobot hewan ini dapat mencapai 3 kg untuk betina dan 4 kg untuk pejantan. Cemani memiliki bulu keras, tubuh berukuran sedang, jengger besar, warna mata coklat gelap dan suka berkelana. Induk cemani memiliki kebiasaan yang sangat protektif terhadap anaknya dan mampu menghasilkan telur hingga 160 butir/tahunnya.

Pada awal kemunculannya dulu ayam berwarna hitam legam ini berfungsi sebagai hewna ritual. Harga beli hewan ini bisa mencapai 35 juta rupiah karena keberadaannya yang langka.

1. Ayam Dong Tao – ayam mahal dari Vietnam

Ayam jenis ini dikenal karena memiliki kaki berukuran besar. Jenis ayam unik ini berasal dari Vietnam dan menjadi rasa ayam langka d inegara itu. Di Vietnam rasa daging ayam ini merupakan salah 1 makanan terlezat yang eksklusif yang hanya disajikan untuk kalangan tertentu.

Ayam Dong Tao sensitive terhadap perubahan suhu, dan sulit dikembang biakan karena kaki yang besar. Memiliki postur tubuh yang sehat dan kaki gemuk yang ditutupi oleh sisik kemerahan. Pejantan ras ini memiliki berat mencapai 6 kg dan kaki yang ketebalannya sama dengan pergelangan tangan manusia.

Keberadaannya yang langka membuat harga beli hewan ini mencapai 35 juta rupiah untuk sepasang ayam harganya semakin tinggi dilihat dari tingkat ketebalan cakarnya. Dalam legenda Vietnam ayam ini dipercaya memiliki kualitas yang ada pada seorang pria kuat.

Kesimpulan

Ayam semakin unik harganya semakin mahal. Sudah itu saja.

Di antara daftar di atas, ada 1 lagi ayam yang uniknya tidak ketulungan. Terutama di kalangan peternak ayam aduan. Ayam tersebut adalah ayam aseel parrot beak yang memiliki banyak kelebihan. Kami adalah peternak jual ayam aseel yang berpengalaman. Hubungi kami untuk pembelian ayam asli India ini.

Komen Dong