Apa Itu Balut Telur? Apakah Balut Halal?

Apa itu balut telur? Jika kamu pernah tinggal atau berwisata ke negara tetangga kita, Filipina, kamu akan sering menemukan makanan yang terbuat dari olahan telur bebek ini. Bentuknya memang cukup mengerikan tetapi membuat penasaran dan tidak sedikit yang ingin mencoba.

Namanya balut, yakni telur yang dimasak. Bukan telur biasa, balut berisi embrio bebek. MakananĀ  ini masih menjadi kontoversi dan banyak memperoleh protes dari warga.

Apa Itu Balut dan Tebuat dari Telur Apa?

Menemukan balut di Filipina sangatlah mudah. Banyak ditemukan di restaurant tradisional Filipina bahkan di jajanan kaki lima. Tetapi sebelum mengkonsumsinya, perlu diingat berkali-kali. Balut termasuk kuliner yang diperuntukkan untuk mereka yang bernyali besar.

Samalah seperti makanan di Thailand dan negara tetangga lainnya. Banyak makanan yang “aneh-aneh”. Di Manado juga sama, dari kalong dan tikus hutan disajikan sebagai kuliner khas.

Balut ini berbeda dengan telur biasa yang didalamnya terdiri dari kuning telur dan putih telur. Balut justru berisi dengan embrio bebek atau bayi bebek. Infonya, embrio ini mempunyai rasa renyah dan nikmat.

Bagaimana Cara Membuat Balut?

Kemudian bagaimana sebenarnya cara membuatnya? Untuk membuat balut, telur unggas harus dierami atau diinkubasi terlebih dahulu. Pada jaman modern, telah dipercayakan pada tekologi. Pecinta balut makin hari makin banyak sehingga tidak bisa dipenuhi dengan cara tradisional lagi.

Berikut video langkah membuat balut:

Telur-telur ayam atau bebek yang dibuat balut melewati proses inkubasi selama kurang lebih 14-21 hari. Semakin lama waktu inkubasinya, semakin jelas wujud unggas yang berada di dalam telur. Pada saat umur inkubasi 14 hari, balut memang mulai mempunyai isian yang kental dan padat tetapi belum terlihat jelas wujud embrionya.

Pada saat mencapai 21 hari masa inkubasi, wujud embrio bebek mulai terlihat. Organ seperti kepala, tubuh dan kaki akan kelihatan jelas. Bahkan ada beberapa juga yang telah memiliki bulu-bulu lembut.

Sebelum melahap makanan ini, balut akan diolah terlebih dulu dengan cara direbus hingga masak. Dikukus hingga masak juga bisa. Pada saat kondisi hangat, kulit telur dikupas secara perlahan-lahan sampai terbuka 1/2 sisi. Sesudah telur telah terlihat seperti mangkok, balut langsung disantap.

Beberapa orang memberikan tambahan merica atau juga garam untuk menambah rasa.

Balut dicicipi dengan menyeruput cairannya terlebih dahulu. Cairan alami yang berasal dari embrio bebek ini mempunyai rasa serupa dengan rasa kaldu sup. Sesudah air habis, daging kemudian dapat dikonsumsi.

Balut memiliki bentuk yang kenyal dan juga empuk. Tulangnya, atau calon tulangnya, berasa lunak dan gurih. Rasanya yang nikmat inilah yang menyebabkan banyak orang menyukainya.

Apakah Balut Halal?

Balut merupakan makanan yang menjadi ciri khas negara filipina yang masih menjadi pro-kontra. Dalam agama Islam, balut haram dikonsumsi karena melahap hewan yang tidak disembelih haram hukumnya. Tidak sesuai dengan penyembelihan hewan sesuai tuntunan Islam.

Bagi Pengikut agama Kristen juga sama. Balut dilarang dikonsumsi karena hwan mati tanpa dikeluarkan darahnya terlebih dahulu.

Tidak hanya dari segi agama saja, Banyak juga yang pro-kontra karena cara mengkonsumsi dan mengolah tidakbenar. Di Inggris ada undang-undang yang mengatur pelindungan terhadap embrio hewan. Termasuk balut. Beberapa organisasi dunia juga sempat membuat tuntutan atau petisi untuk menghentikan konsumsi balut.

Demikian juga dari segi kesehatan, balut dipandang dapat beresiko untuk kesehatan karena diperkirakan memiliki kandungan salmonela yang dapat merusak badan.

Di Filipina, melahap balut telah menjadi satu adat yang sudah dilakukan secara turun-temurun. Walau pada akhirannya melahap balut selalu memetik hujatan dari beragam faktor dimulai dari keagamaan sampai kemanusiaan. Namun tetap saja, Balut kemungkinan menjadi satu makanan kebanggaan untuk warga Filipina.

Kesimpulan apakah itu balut

Balut adalah masakan khas Filipina yang terbuat dari telur. Bagi sebagian orang telur ini haram karena hewannya tidak disembelih. Walaupun demikian, ternyata banyak yang mngetakan balut rasanya sangat enak.

Balut ini terbuat dari telur ayam atau bebek. Seringnya sih telur bebek. Untuk unggas yang lain, juga banyak yang unik, misalnya ayam aseel parrot yang sedang fenomenal. Jika mencari tempat jual ayam aseel asli dari peternak, hubungi kami.

Komen Dong